Pentingnya Memiliki Tidur Yang Berkualitas

Gimana nih puasa Ramadhanmu? Apakah masih merasa ngantuk ketika menjalankannya? Tenang, itu hal normal kok, karena kamu harus menyesuaikan jadwal bangun tidur yang lebih dini untuk menyantap sahur atau mungkin menyiapkan makan sahur. Jadi tidak hanya pola makan yang berubah tapi juga pasti pola tidurmu harus menyesuaikan keadaan dalam menjalani ibadah puasa. Meskipun begitu, kamu perlu memiliki tidur yang berkualitas saat puasa ramadhan.

Karena kualitas tidur dapat mempengaruhi produktivitas dan fokus dalam melakukan kegiatan selama puasa, baik itu belajar ataupun bekerja. Supaya produktivitasmu tidak menurun karena selalu ngantuk, berikut tips untuk menjaga kualitas tidurmu dan tetap semangat untuk beraktivitas.

1. Tidur Malam Lebih Awal

tidur-malam-saat-puasa-ramadhan
Via Pexel

Sepanjang bulan puasa Ramadhan, usahakan waktu tidur malam dimajukan dan dijadwalkan di jam yang sama setiap harinya. Karena ketika sahur kita pun, kamu mamajukan jadwal bangun lebih awal apalagi jika harus menyiapkan makan sahur terlebih dahulu. Memajukkan jam tidurpun tidak perlu langsung drastis waktunya. Majukan sekitar 30-60 menit lebih awal tiap malamnya karena selama bulan puasa Ramadhan, jam tidur kamu bisa berkurang rata-rata 40 menit karena terpotong waktu sahur. Jika kamu tidak memajukkan waktu tidur malammu maka menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Sleep Research, hal ini akan mengurangi durasi tahap tidur pulas atau REM (rapid eye movement). Berkurangnya tahap tidur pulas atau REM yang bikin kamu mudah lemas dan mengantuk di siang hari. Jadi cobalah untuk memiliki jadwal tidur malam lebih awal yang teratur karena otak manusia membutuhkan rutinitas kebiasaan tidur agar membantu kualitas tidurmu.

2. Tidur Siang Juga Penting

tidur-siang-saat-puasa-ramadhan
Via Pexel

Agar memiliki tidur saat puasa ramadhan yang berkualitas, kamu juga dapat manfaatkan tidur siang alias power nap ketika jam istirahat kerja atau sekolah. Cukup dengan 20-30 menit tidur siang kamu dapat memulihkan energi agar kamu bisa kembali produktif. Kalau kamu tidak terbiasa tidur siang, coba gunakan masker penutup mata atau bisa juga sambil mendengarkan lagu-lagu yang lembut dan santai. Kamu juga dapat menggunakan bantal untuk membuatmu nyaman tidur siang. Dengan tidur siang selama 20-30 menit, kamu akan merasakan manfaatnya seperti pikiran kembali jernih, teliti, emosi positif, dan relatif metabolisme terjaga. Selain itu, tidur siang juga dapat menurunkan hormon stres pada tubuh yang diakibatkan oleh kurangnya waktu tidur malam karena harus bangun lebih awal untuk sahur. Kamu juga bisa memanfaatkan tidur di kendaraan umum selama waktu perjalanan pulang-pergi ke kantor atau sekolah apabila waktu tidurmu dirasa masih berkurang.

Baca Juga : 5 Gaya Rebahan Yang Baik Untuk Kesehatan

3. Perhatikan Konsumsi Makanan Sebelum Tidur

makanan-saat-puasa-ramadhan
Via Pexel

Meskipun kamu sudah melakukan puasa lebih dari 12 jam sehari, hindari untuk melakukan “balas dendam” dengan makan sampai terasa kekenyangan. Apalagi menjelang tidur, bukan hanya perlu menghindari kekenyangan tapi juga tidak tidur saat masih kelaparan. Idealnya kamu dapat mengonsumsi makanan berat 1-2 jam sebelum waktu tidur dan jangan tidur setelah makan berat. Jika kamu masih merasa lapar dan terpaksa harus makan sebelum tidur, sebaiknya pilih makanan yang mudah dicerna dan makan dalam porsi kecil. Pilihan makanan seperti buah atau biskuit gandum adalah yang terbaik dan kamu perlu mengonsumsinya minimal 15 menit sebelum kamu tidur. Kamu juga perlu hindari rokok dan minuman berkafein, jika ingin menjaga kualitas tidur saat puasa. Sebab nikotin dan kafein memberikan efek stimulasi dan membutuhkan waktu hingga berjam-jam untuk bisa luruh sepenuhnya.

Baca juga : 6 Makanan Sehat Yang Digemari Millennials Di Tahun 2020

4. Ciptakan Lingkungan Tidur Yang Nyaman

lingkungan-tidur-yang-nyaman
Via Pexel

Salah satu faktor penting untuk memiliki kualitas tidur yang baik adalah lingkungan tidur yang nyaman. Jadi kamu perlu membuat kamar tidur kamu menjadi tempat ternyaman untuk tidur. Salah satu caranya adalah dengan menciptakan kamar tidur menjadi tempat yang minim cahaya atau gelap, sejuk dan tenang. Kamu juga perlu menjauhkan perangkat elektronik seperti komputer atau laptop, handphone, dan televisi dari jangkauan ketika kamu akan tidur. Karena pancaran cahaya atau sinar terang dari perangkat elektronik bekerja dengan cara meniru sifat cahaya alami matahari. Akibatnya, jam biologis tubuh akan menganggap cahaya ini sebagai sinyal bahwa hari masih pagi, sehingga produksi melatonin, hormon pemicu ngantuk, jadi terganggu. Selain itu suara yang dihasilkan ketika menggunakan peralatan tersebut juga akan menghalau rasa ngantukmu. Jadi kamu perlu hindari berjam-jam main handphone sebelum tidur. Sebagai gantinya, cobalah mandi air hangat, yoga santai, atau lakukan aktivitas lain yang menenangkan dan membuat kamu tidur lebih cepat dan lebih nyenyak.

Tetap Berolahraga Dan Jaga Waktu Tidur

tetap-berolahraga
Via Unsplash

Selain empat macam tips diatas kamu juga dapat melakukan aktivitas fisik secara teratur seperti berolahraga yang dapat meningkatkan kualitas tidur saat puasa. Namun, kamu perlu hindari jenis olahraga yang terlalu intens atau terlalu dekat dengan waktu tidur. Olahraga ringan di pagi hari, atau sekitar 4-5 jam sebelum waktu tidur dapat menjadi pilihanmu. Selain itu untuk kamu yang berumur 18 sampai 64 tahun tetap perlu memperhatikan waktu tidurmu diantara 7 sampai 9 jam setiap hari. Dengan tidur yang berkualitas dan cukup, dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuhmu yang lebih baik dan maksimal. Cobain, yok!

Baca juga : Di Rumah Aja? Coba 5 Kegiatan Sehat Ini Biar Nggak Bosan

Baca juga : 12 Mindset Meningkatkan Kesehatan Mental

Categories: LIFESTYLE

5 Comments

Atur Jadwal Olahraga saat Bulan Puasa, Emang Bisa? - · April 28, 2020 at 9:44 am

[…] Berikut tips yang bisa timGAS share tentang olahraga selama bulan puasa. Jadi, meskipun banyak versi “kapan sih waktu yang tepat untuk olahraga saat bulan puasa?” Tetap, kamu harus sesuaikan juga dengan kondisi tubuh kamu. Jangan terlalu memaksakan jika dapat berakibat buruk terhadap tubuhmu. Karena, bulan puasa ini justru menjadi sarana kita untuk menjadi lebih sehat bukan sakit karena terlalu memaksakan berolahragaStay safe stay home timGAS, cek juga tips biar tidur kamu berkualitas saat bulan ramadhan […]

Manfaat Minum Air Hangat Saat Puasa - Yok, Cek Caranya! · May 3, 2020 at 12:41 am

[…] Baca Juga : Tidur Yang Berkualitas Saat Puasa Ramadhan […]

Manfaat Minum Air Hangat Di Bulan Puasa - Yok, Cek Caranya! · May 3, 2020 at 9:40 pm

[…] Baca Juga : Tidur Yang Berkualitas Saat Puasa Ramadhan […]

Manfaat Puasa Bagi Kulit Kesehatan Kulit - LIFESTYLE · May 4, 2020 at 8:41 am

[…] Baca Juga : Tidur Yang Berkualitas Saat Puasa Ramadhan […]

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Kulit - LIFESTYLE · May 4, 2020 at 7:51 pm

[…] Baca Juga : Tidur Yang Berkualitas Saat Puasa Ramadhan […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *