Social Distancing, Solusi Terbaik Lawan Penyebaran Virus Corona

Social distancing adalah sebuah upaya untuk mencegah atau memperlambat rantai transmisi penyebaran dari suatu penyakit dengan menjaga jarak satu sama lain, tidak berkumpul dan menghindari aktivitas di ruang publik yang ramai. Sehingga virus atau pathogen apa pun itu tidak dapat menyebar dari satu orang ke orang lain. Berdasarkan data kesehatan yang dipublikasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), disebutkan kalau 14 hari adalah periode waktu di mana seseorang dapat menunjukkan gejala terinfeksi virus corona, COVID-19.

Karena itu pemerintah Indonesia pun mengumumkan untuk membatasi dan meliburkan kegiatan yang melibatkan banyak orang seperti belajar di sekolah dan kerja di perkantoran selama 2 minggu di seluruh Indonesia. Terhitung mulai hari Minggu, tanggal 15 Maret 2020, beberapa tempat publik milik pemerintah pun tutup sementara karena kebijakan ini. Social distancing juga akan sangat ampuh melawan penyebaran virus corona kalo dilakukan secara tepat dan dalam skala besar. Karena akan mencegah lonjakan orang yang terinfeksi dan harus dirawat di rumah sakit. Karena itu kamu perlu mendukung dengan mulai dari diri sendiri serta mengajak orang-orang di sekitarmu untuk melakukannya.

Dukung-social-distancing

Mulai Kamu Lakukan

Cuci-tangan
Via Pexels

Cuci Tangan. Ya, kamu bisa memulai dari diri sendiri dengan membiasakan kegiatan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara detail dan menyeluruh. Apabila tidak ada air dan sabun, kamu dapat menggunakan hand sanitizer yang mengandung 60-95 persen alkohol. Karena alkohol telah terbukti mampu membunuh pathogen atau virus yang menyebabkan penyakit, termasuk corona. Hal ini perlu kamu lakukan terutama kalo kamu yang sering menyentuh benda di transportasi umum ataupun di ruang publik baik sengaja ataupun tidak sengaja.

Bersin
Via Stock.Adobe

Gunakanlah lengan untuk menutup mulutmu ketika kamu sedang batuk atau bersin. Karena itu dapat menghalangi penyebaran virus. Apalagi kalo kamu sedang berada di tempat ramai atau ruang publik berarti kamu juga harus peduli akan kesehatan orang di sekitarmu. Setelah bersin atau batuk kamu juga langsung menyentuh wajahmu. Usahakan gunakan sapu tangan bersih, tisu basah, atau cuci tangan dengan sabun dulu sampai bersih. Hindari pula kebiasaan untuk berjabat tangan. Bukan bermaksud untuk nggak sopan tapi demi menghindari penyebaran virus. Sebagai gantinya kamu dapat salam dengan menyentuh dada atau sekadar ucapan. Selai itu berikut adalah yang boleh dan tidak boleh kamu lakukan selama social distancing.

Baca juga : 12 Public Figure Yang Positif Terkena Virus Corona (COVID-19)

Tidak Boleh Kamu Lakukan

Kumpul-Kumpul

Kumpul-kumpul-Grup-Cowok
Via Pexels

Kumpul-kumpul di restoran, café atau coffe shop dan bertemu secara langsung serta melibatkan banyak orang perlu kamu hindari sementara waktu ini. Karna kamu bisa saja melakukan kontak baik sengaja ataupun tidak sengaja. Kamu juga tidak tahu pasti siapa yang benar-benar sehat ataupun siapa yang telah terinfeksi. Jadi menghadiri arisan, pesta pernikahan, pesta music dan acara sejenis lainnya ditunda dulu, ya. Sebagai gantinya kalian tetap bisa kumpul secara virtual, melalui berbagai aplikasi sosial media yang ada.

Jalan-jalan

jalan-jalan-perempuan
Via Pexels

Apabila memang telah merencanakan perjalan sejak jauh hari, kamu perlu menundanya dulu. Mungkin sedikit mengecewakan tapi keselamatanmu dan orang lain dalam perjalananmu adalah yang utama. Tunggu saja sampai kondisi sudah kondusif. Lagian kalo sudah aman dan kondusif, kamu tidak perlu was-was selama perjalanan, bukan?

Naik Transportasi Umum

transportasi-umum
Via Unsplash

Untuk sementara waktu batasi perjalanan menggunakan transportasi umum. Pilihlah kendaraan pribadi atau apabila harus naik transportasi umum, pilih yang tidak terlalu ramai atau hindari saat jam sibuk. Usahakan tidak menyentuh logam atau benda lain saat berada di transportasi umum dan siapkan hand sanitizer serta masker bila berpergian.

Baca juga : 3 Cara Agar Menjaga Tubuh dari Virus COVID-19 Saat Naik Transportasi Umum

Olahraga Di Fitness Center

Olahraga-fitness-perempuan
Via Pexels

Peralatan di gym atau fitness center pasti disentuh oleh banyak orang, kerena itu demi menghindari kontak fisik, baik langsung dan tidak langusng kita dapat berolahraga di rumah. Ada berbagai macam olahraga yang bisa dilakukan di rumah bersama keluarga maupun sendiri agar tubuh tetap bergerak. Apabila bosan di rumah kamu dapat berolahraga di sekitar rumahmu dengan tetap membatasi kontak fisik dengan orang lain, seperti bersepeda.

Berdekatan Dengan Orang Lanjut Usia

Orang-lanjut-usia-social-distancing
Via Pexels

Penelitian mengatakan bahwa orang lanjut usia memiliki risiko yang lebih tinggi terinfeksi virus corona. Sedangkan virus bisa saja disebarkan oleh orang dewasa ataupun anak kecil yang tidak menunjukkan gejala. Karna itu kalo kamu tidak memiliki keperluan penting dan mendesak, hindari mengunjungi orang lanjut usia. Sebagai gantinya kamu perlu siapkan kebutuhan mereka sehari-hari seperti makanan dan perlengkapan mandi. Kamu juga tetap berkomunikasi dengan mereka dengan telpon ataupun video-call, supaya mereka tidak terlalu merasa terisolasi.

Boleh Kamu Lakukan Ketika Social Distancing

Kerja-social-distancing
Via Pexels

Pada dasarnya selama kamu melakukan social distancing banyak hal yang boleh dan bisa kamu lakukan. Apabila kamu sedang bekerja atau belajar dari rumah kamu bisa ngelakuinnya sambil dengerin musik yang mungkin bisa nambah semangat dan fokusmu. Setelahnya kamu tetap bisa berolahraga di rumah atau mencoba untuk memasak dan bersih-bersih rumah. Kamu juga perlu untuk makan makanan bergizi secara teratur dan kalau perlu mengkonsumsi vitamin. Selain itu perlu juga memiliki jam istirahat yang teratur dan biasakan untuk olahraga. Terakhir apabila kamu bisa mengakses informasi dari laman resmi website pemerintah di covid19.go.id untuk mengetahui gejala virus corona covid-19 dan silahkan hubungi hotline 119 ext 9 untuk pertanyaan lebih lanjut. Tetap jaga kesehatan, ya!

Baca juga : Olahraga Bersama Keluarga Di Rumah! Ini 7 Macamnya

Baca juga : Ayok Mulai Hidup Sehat! Ini 5 Olahraga Kardio Dapat Dilakukan di Kamar

Categories: LIFESTYLE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *