Puasa Menyehatkan Kulitmu, Lho!

Puasa memang sudah menjadi salah satu faktor yang bisa mempengaruhi kesehatanmu. Bahkan puasa digunakan sebagai metode pengobatan tertentu seperti obesitas dan syarat ketika kamu akan memeriksaan darah di laboratorium. Termasuk puasa di bulan Ramadhan selama 1 bulan ini, ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuhmu juga, lho. Salah satu manfaat puasa yaitu memberikan kesehatan bagi kulitmu.

Hadirnya manfaat puasa bagi kesehatan kulitmu disebabkan karena sistem tubuh menyesuaikan diri terhadap berkurangnya asupan makanan dan minuman setiap hari. Tapi kamu perlu tetap memperhatikan asupan gizi yang ada pada makanan dan minuman ketika sahur dan berbuka. Lalu apa sih manfaat puasa bagi kesehatan kulitmu? Yok, kita cek apa aja manfaatnya.

Manfaat Puasa, Sembuhkan Jerawat

Wajah Tanpa Jerawat
Via Pexels

Penyembuhan jerawat ini tak lepas dari peran proses detoksifikasi pada tubuhmu yang terjadi saat puasa. Detoksifikasi sendiri adalah proses yang dilakukan tubuhmu untuk mengeluarkan kandungan tidak bermanfaat atau racun yang ada pada tubuh itu sendiri. Jadi jerawat yang merupakan hasil dari bakteri dan racun yang ada di dalam tubuhmu akan terdetoksifikasi.

Selain itu ketika berpuasa, tubuhmu tidak akan kemasukan makanan maupun minuman selama waktu tertentu. Hal itu membuat tubuh dan organ-organ lainnya bekerja lebih ringan dari biasanya. Bahkan, jika dilakukan dengan cara yang benar, puasamu bisa membantu agar proses pembuangan racun dalam tubuh alias detoksifikasi berjalan dengan sempurna. Itulah sebabnya dengan berpuasa, jerawat dapat mudah hilang lebih cepat. Nah, buat kamu yang ingin punya wajah bersih, sehat, dan tanpa jerawat, tetap rajin menjalankan puasa Ramadhan, yha.

Manfaat Puasa, Cegah Iritasi Kulit

Manfaat Puasa Cegah Iritasi
Via Pexels

Mencegah iritasi kulit adalah salah satu manfaat puasa. Hal Ini dibuktikan dengan hasil yang terlihat saat berpuasa. Sebab iritasi kulit dapat disebabkan oleh paparan zat kimia atau zat yang menimbulkan reaksi peradangan bagi kulit. Tapi dengan berpuasa kontak antara kulitmu dengan zat-zat berbahaya bagi tubuh dan kulit dapat diminimalisir. Salah satunya adalah kontak dengan sabun, skin care maupun makeup yang kurang cocok untuk kulit.

Namun, berpuasa juga ternyata dapat membuat daya tahan kulit lebih tinggi dari biasanya. Hal ini juga disebabkan oleh sel-sel tubuh yang mulai tergantikan, termasuk sel kulit, karena proses detoksifikasi. Kulit pun lebih kuat dalam mencegah reaksi peradangan atau iritasi. Jadi, jika ada kontak antara kulit dan zat berbahaya dalam tubuhmu maka akan segera sembuh dalam waktu kurang dari 48 jam ketika berpuasa.

Manfaat Puasa, Kulit Lebih Cerah

Manfaat Puasa Wajah Cerah
Via Pexels

Proses pergantian sel yang rusak atau mati menjadi sel baru lebih cepat terjadi saat puasa. Tak hanya sel kulit saja yang diperbaharui tapi juga sel-sel lain di dalam tubuhmu. Hal tersebut bisa terjadi asalkan kamu mengonsumsi makanan sumber protein dan mencukupi kebutuhan cairan saat berbuka dan sahur. Sehingga regenerasi sel kulit menjadi lebih cepat, sehat dan kulit terlihat lebih cerah.

Jika kamu merasa kulit terlihat kering atau kusam, makanlah juga buah-buahan yang kaya vitamin C seperti jeruk, saat sahur dan berbuka puasa. Hal ini dapat membantu membuat kulit terlihat lebih sehat. Selain itu, proses detoksifikasi juga memungkinkan kulit menerima nutrisi dari makanan yang kita konsumsi lebih maksimal. Jadi, kulitmu akan tampak sehat akan terlihat lebih segar.

Baca Juga : Tidur Yang Berkualitas Saat Puasa Ramadhan

Cara Menjaga Kulit Sehatmu Selama Puasa

Berjemur Demi Vitamin D

Berjemur Vitamin D
Via Unsplash

Kamu juga perlu sering berjemur terutama saat sering berada di rumah aja. Berjemur dilakukan untuk mendapatkan secara gratis vitamin D dari paparan sinar matahari. Secara umum, World Health Organization (WHO) mengelompokkan indeks UV menjadi 1-10, di mana 1 merupakan kadar UV paling rendah (jam 09.00-10.00 pagi) dan 10 adalah kadar UV paling tinggi (di atas jam 10.00 pagi). Jadi apabila kamu berjemur diatas jam 10.00 pagi maka sebaiknya tidak perlu berlama-lama, kurang lebih selama 5 menit cukup.

Bersihkan Seprai Dan Sarung Bantal

Bersihkan Seprai
Via Pexels

Selama di rumah aja, semakin sering menghabiskan waktu di atas kasur, kamu harus semakin rajin untuk membersihkannya. Kamu perlu memastikan kulitmu berada dalam lingkungan yang bersih dengan rutin mengganti seprai. Minimal satu kali seminggu. Kerena kotoran dan minyak dari kulit wajah bisa berpindah ke seprai atau sarung bantalmu. Padahal, kotoran dan minyak yang menumpuk di sana bisa menyebabkan iritasi dan jerawat, lho.

Yok, Rawat Juga Wajahmu

Manfaat Puasa
Via Unsplash

Selain itu kamu perlu juga membersihkan wajah dengan facial wash dan facial foam cukup dua kali sehari saat mandi. Kamu juga perlu memakai pelembap terutama untuk kamu yang memiliki kulit kering. Jangan mengira pelembab hanya untuk kecantikan, tetapi juga berfungsi untuk menjaga kulit tetap lembab dan sehat. Kamu bisa menggunakan pelembap sehabis mandi karena penyerapan dari pelembap saat itu paling tinggi dan paling gampang diserap oleh tubuh. Jadi, tetap semangat puasa untuk kesehatan tubuh dan juga kulit wajahmu, yha.

Baca Juga : Manfaat Minum Air Hangat Di Bulan Puasa

Baca Juga : Faktor Hidup Sehat, Apa Saja Yang Mempengaruhi?

Categories: LIFESTYLE

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *