Minum Air Hangat Itu Sehat, Lho!

Di bulan puasa ini ada anjuran minum air putih yang perlu kamu tahu. Anjuran itu adalah pola 2-4-2, yaitu, 2 gelas saat berbuka, 4 gelas di malam hari, dan 2 gelas ketika sahur yang masing-masing gelas sebanyak 250 ml air putih. Total dari pola 2-4-2 adalah 2 liter air, per hari, per orang, untuk mencukupi kebutuhan tubuhmu agar terhindar dari dehidrasi saat menjalankan ibadah puasa. Kamu juga bisa memilih minum air hangat dalam mengikuti pola tersebut. Namun, begitu sedikit orang yang suka minum air hangat dibandingkan minum air dingin dalam kesehariannya. Apabila kamu termasuk yang suka minum air dingin, mungkin kamu juga perlu tahu manfaat minum air hangat. Yok, kita lihat apa saja manfaatnya terutama di waktu puasa saat ini.

Ketika Sahur

minum air hangat
Via Pexels

Ketika sahur, agar kebugaran tubuhmu terjaga, biasakanlah untuk mengawali sahur dengan mengonsumsi air yang suhunya tidak terlalu jauh berbeda suhu tubuh. Sebab, apabila minum air putih yang suhunya berbeda dari suhu tubuh, yakni sekitar 37 derajat Celcius, membuat tubuh harus bekerja lebih keras dan merasa kelelahan sebelum beraktivitas. Karena itu pilihlah minum air hangat untuk menemani santap sahur.

Minum air hangat juga dapat menimbulkan efek vasodilator yang dapat melebarkan pembuluh darah dan menstimulasi aliran darah menuju usus. Bahkan minum air hangat di pagi hari atau ketika makan sahur juga dapat dapat mengemulsi lemak, sehingga lebih mudah untuk dicerna. Kondisi ini dapat mencegah masalah sembelit. Kamu juga bisa mengkombinasikan air hangat dengan perasan jeruk nipis atau lemon. Jadi, coba awali minum sahurmu dengan minum air minimal 2 gelas air dan pilihlah air hangat, yha.

Ketika Buka Puasa

buka puasa minum air hangat
Via Unsplash

Biasanya berbuka puasa identik dengan melepas dahaga dengan minum-minuman dingin karena merasa lelah dan panas ketika beraktivitas di luar ruangan. Tapi, kalo sekarang kamu work from home atau beraktivitas di rumah aja, kamu bisa mencoba awali minum buka puasamu dengan air hangat. Paling tidak 2 gelas diawal adalah air hangat dari pola 4 gelas ketika berbuka puasa.

Minum air hangat saat berbuka juga cepat mengembalikan suhu tubuh, sehingga lambungmu dapat menyesuaikan dengan baik setelah lama tidak makan dan minum. Setelah itu, sekitar lima sampai sepuluh menit, kamu bisa mengonsumsi minuman yang manis. Minuman manis seperti teh manis hangat bisa dianjurkan sebagai minuman buka puasa, karena dapat menormalkan kembali gula darahmu setelah berpuasa.

Baca Juga : Manfaat Jahe Merah Bagi Kesehatanmu. Yok, Cek Apa Aja!

Minum Air Hangat Sebelum Tidur

minum air hangat sebelum tidur
Via Pexels

Ternyata ada banyak manfaat ketika minum air hangat sebelum tidur, lho. Pertama, minum air hangat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Karena minum air hangat akan meningkatkan suhu tubuhmu. Setelah itu akan merangsang terjadinya proses berkeringat. Nah, proses inilah salah satu cara yang dilakukan tubuh untuk mengeluarkan racun. Selain itu juga membantu tubuh agar dapat membersihkan pori pori kulit. Proses itu juga memperbaiki sel-sel kulitmu, sehingga elastisitas kulit tetap terjaga.

Selain itu, apabila kamu merasa tubuh dan pikiran yang lelah setelah seharian beraktivitas, cobalah minum air hangat. Minum air hangat sebelum tidur akan menjaga level air di dalam tubuh dan mampu memperbaiki mood serta meredakan stresmu. Hal ini karena minum air hangat mampu membuat tubuhmu merasa relaks. Jadi, bisa membuat kamu tidur lebih cepat.

Baca Juga : Tidur Yang Berkualitas Saat Puasa Ramadhan

Imbangi Dengan Gaya Hidup Sehat

buah dan sayur
Via Unsplash

Semua manfaat minum air putih hangat saat sahur, berbuka dan sebelum tidur bukanlah satu-satunya kunci agar hidupmu sehat. Kamu perlu mengimbanginya dengan menerapkan gaya hidup sehat lainnya, seperti menjaga pola makan sehat dengan mangonsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak air, misalnya tomat (94 persen air), semangka (92 persen), timun (95 persen), kembang kol (92 persen) dan blewah (90 persen). Bisa juga dengan mengonsumsi salad, jus atau makanan lokal seperti rujak dan lotek. Selain itu tidak berlebihan mengonsumsi makanan yang digoreng serta menjaga asupan karbohidrat yang cukup sebagai energi di siang hari ketika puasa.

Terapkan juga pola minum air putih 2-4-2, yaitu, 2 gelas saat berbuka, 4 gelas di malam hari, dan 2 gelas ketika sahur yang masing-masing gelas sebanyak 250 ml air putih agar terhindar dari dehidrasi. Kurangi juga konsumsi garam terutama di saat sahur. Makanan yang asin dapat menyebabkan dehidrasi dengan cepat. Kamu juga perlu melakukan olahraga ringan secara rutin serperti jalan kaki keliling rumah. Terakhir, biasakan untuk memeriksa kesehatan secara berkala dan rutin agar bisa tahu lebih cepat jika ada masalah kesehatan dalam tubuhmu. Jadi, yok cobain rutin minum air hangat di bulan puasa ini.

Baca Juga : 5 Resep Makanan Sehat DIY Dirumah Selama Bulan Ramadhan

Baca Juga : Atur Jadwal Olahraga saat Bulan Puasa, Emang Bisa?

Categories: LIFESTYLE

2 Comments

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Kulit - LIFESTYLE · May 4, 2020 at 8:42 am

[…] Baca Juga : Manfaat Minum Air Hangat Di Bulan Puasa […]

Tidur Lebih Nyenyak? Coba Pakai Aplikasi Ini Selama Bulan Ramadhan - · May 8, 2020 at 10:08 am

[…] Baca Juga: Manfaat Minum Air Hangat Di Bulan Puasa […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *