Kamus Nutrisi Apa Sih? Yuk Kenalan Agar Puasa Kamu Tambah Optimal

5 list kamus nutrisi versi ayok sehat yang harus kamu ketahui agar asupan nutrisi kamu terpenuhi

Penting untuk kamu ketahui, memasuki bulan Ramadhan dimana umat muslim menjalankan ibadah puasa, memang menjadi suatu kebiasaan dimana adanya rutinitas makan sahur sebelum berpuasa seharian, tapi permasalahannya adalah asupan makanan dikala sahur dan berbuka yang kadang orang masih salah paham masih banyak orang yang tidak mengerti istilah istilah dalam nutrisi sehingga sering terjadi kesalapahaman dalam menyiapkan makanan dan mengukur asupan nutrsi untuk tubuh mengakibatkan tubuh tetap merasa kelelahan selama berpuasa, disini AYOKSEHAT akan memberikan 5 dari istilah bahas untuk kamu yang masih awam agar lebih mengenal lagi apa itu istilah istilah dalam kamus nutrisi berikut adalah listnya

Amino Acids

List dari kamus nutrisi yang pertama adalah amino acid atau dikenal dengan nama asam amino. Asam amino adalah zat yang membentuk protein, hormon, dan asam nukleat dalam tubuh. Selain itu, asam amino berperan sebagai neurotransmitter dan enzim. Asam amino diserap oleh makanan sehari-hari. Setelah masuk ke dalam tubuh, makanan dimetabolisme menjadi asam amino lainnya. Namun, ada 8 jenis asam amino yang tidak dapat dihasilkan sendiri oleh tubuh. Kedelapan jenis ini dapat diperoleh dari menu harian.

Baca juga: Tips Biar Gak Lemas Puasa Meskipun sudah Sahur

Antioxidants

kamus nutrsi yang kedua adalah antioxidants atai antioksidan, Pernahkah anda mendengar tentang radikal bebas? Komponen yang disebut-sebut dapat menyebabkan berbagai macam penyakit ini ternyata berada di sekitar Anda sehari-hari. Radikal bebas adalah hasil sampingan dari proses pengolahan makanan menjadi energi. Selain itu Anda juga bisa mendapat radikal bebas dari makanan, udara, bahkan dari reaksi tubuh Anda terhadap sinar matahari. Nah, tubuh kita memiliki mekanisme pertahanan khusus untuk menangkal efek buruk radikal bebas, yaitu antioksidan.

Baca juga: 5 Resep Makanan Sehat DIY Dirumah Selama Bulan Ramadhan

Kamus Nutrisi, Calories

kamus nutrisi yang ketiga adalah calories atau kalori menurut kamus medis Medilexicon, kalori adalah satuan unit kandungan panas atau energi. Akan tetapi, lebih tepatnya kalori adalah jumlah energi yang Anda dapatkan dari makanan dan minuman, atau energi yang kita bakar melalui aktivitas sehari-hari. Sederhananya, kalori adalah energi yang dibutuhkan tubuh agar bisa beraktivitas dan menjalankan fungsinya dengan baik.

Kamus Nutrisi, Enzymes

Kamus Nutrisi yang ke empat adalah Enzymes atau biasa dikenal Enzim, Enzim adalah biomolekul berupa protein yang berfungsi sebagai katalis (senyawa yang mempercepat proses reaksi tanpa habis bereaksi) dalam suatu reaksi kimia organik. Molekul awal yang disebut subtrat akan dipercepat perubahannya menjadi molekul lain yang disebut produk. Semua proses biologis sel memerlukan enzim agar dapat berlangsung dengan cukup cepat dalam suatu arah lintasan metabolisme. Enzim bekerja dengan cara bereaksi dengan molekul substrat untuk menghasilkan senyawa intermediat melalui suatu reaksi kimia organik yang membutuhkan energi aktivasi lebih rendah, sehingga percepatan reaksi kimia terjadi karena reaksi kimia dengan energi aktivasi lebih tinggi membutuhkan waktu lebih lama.

Ketosis

Kamus nutrisi yang ke lima adalah Ketosis, ketosis adalah proses metabolisme yang normal dan tidak berbahaya. Kondisi ini terjadi saat tubuh kekurangan karbohidrat untuk dibakar menjadi energi. Maka sebagai gantinya, tubuh akan membakar lemak untuk mencukupi kebutuhan energinya. Proses metabolisme lemak ini akan menghasilkan senyawa yang disebut keton. Saat mengalami ketosis, kadar keton dalam darah dan urine akan lebih tinggi dari biasanya, namun tidak sampai menyebabkan perubahan pH atau tingkat keasaman darah. Ketosis biasanya dipicu oleh diet rendah karbohidrat, diet ketogenik, menjalani puasa dalam waktu yang panjang, dan mengonsumsi alkohol.

Baca juga: Atur Jadwal Olahraga saat Bulan Puasa, Emang Bisa?

Categories: LIFESTYLE

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *