Gimana sih cara agar tetap menjaga badan dari virus ketika naik transportasi umum? Yuk simak


Dengan mulai masuknya Virus Corona (COVID-19) ke Indonesia saat ini membuat kamu panik ketika menggunakan transportasi umum. Jangan panik! ada kok cara-cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kita dan sekitar kita tetap sehat saat sedang naik transportasi umum lhoo. Virus COVID-19 ini tanpa disadari dapat ditularkan dengan cara yang tidak terlihat seperti batuk,bersin dimana justru kita kurang aware sama hal ini.

Oleh karena itu simak tips agar kamu tetap stay cool & aware dengan COVID-19 ketika sedang naik transportasi umum

Hindari berdesakan dengan orang lain

Orang-orang Naik kereta sore hari
via http://unsplash.com

Mengutip dari BBC, bahwa COVID-19 dapat ditularkan melalui batuk dan bersin , atau permukaan yang disentuh oleh orang yang terinfeksi. Selain itu, ketika kamu berada dekat dengan orang yang bersin atau batuk maka kemungkinan kamu dapat tertular virus tersebut lebih besar.

Oleh karena itu, dari diri kamu sendiri kamu juga harus mulai aware nih sama sekitar dengan cara. Ketika kamu bersin kamu harus menutup mulut sampai hidung kamu dengan masker ataupun tangan. Dengan melakukan hal ini, kamu telah membantu sekitar kamu untuk tidak terpapar oleh virus selain itu juga gak sopan lho bersin sembarangan…

Maka, coba yuk mulailah hindari berdesakan dengan mempertimbangkan aspek kesehatan. Yuk! mulai peduli sama diri kamu dan orang yang menunggu kamu dirumah. Salah satu cara menghindari desakan dengan penumpang lain kamu harus lebih bersabar menunggu transportasi umum jadi ketika transportasi yang hendak kamu naiki sedang penuh usahakan untuk bersabar sedikit untuk menunggu keberangkatan selanjutnya yang agak sepi.

Tapi #timGAS jangan lupa untuk tetap tertib dan mengantri sesuai yang sudah ditentukan. Dengan kamu sabar dan menunggu sesuai antrian, akan memudahkan petugas untuk mengatur jumlah penumpang yang akan masuk ke transportasi tersebut yang nantinya akan memberi pengaruh bagi penumpang lainnya dan meminimalisir virus tertempel ditubuh kamu.

Minimalisir Mobilitas Kamu

Padat Commuter Line saat Rush Hour
via http://unsplash.com

Karena COVID-19 ini dapat mudah menyebar ketika kamu berdekatan dengan orang di sekitar kamu, yuk kurangi mobilitas kamu dan #dirumahaja. Hal ini juga membantu kamu dan penumpang lainnya bisa terjaga daya tahan tubuhnya. Sebab, jika kamu hanya keluar untuk kebutuhan mendesak saja maka persentase penumpang bisa berkurang

Jadi, sebaiknya lebih sering dirumah aja yuk #timGAS, hal ini adalah tindakan simple untuk melindungi kamu dan sekitar kamu. Dengan mengurangi mobilitas kamu selain hemat pengeluaran kamu jadi bisa lebih sehat lhoo…Dengan mengurangi mobilitas dirumah kamu juga telah berkontribusi untuk mengurangi polusi yang ada ditempat tinggal kamu karena kamu tidak melakukan mobilitas yang masif seperti biasanya

Selain itu, dengan tinggal #dirumahaja ini, #timGAS jadi bisa lebih sering menghabiskan waktu dengan orang terdekat dirumah kamu seperti orang tua, pasangan, dan keluarga dan melakukan aktifitas dirumah yang belum bisa kamu lakukan karena kamu jarang dirumah . Hmm…mungkin dengan adanya #dirumahaja ini selain kamu bisa lebih dekat dengan keluarga bisa jadi lebih jauh sama mantan mungkin?

Jaga Kebersihan

via http://unsplash.com

”Kebersihan adalah sebagian dari Iman”‘, nah mungkin ini yang cocok dengan kebiasaan yang harus mulai sering kita lakukan. Karena, dengan kita menjaga kebersihan kita makan virus pun agak sulit untuk masuk ketubuh kita. Jadi caranya gimana sih?

Pertama, saatnya kamu mulai kebiasaan cuci tangan! Kenapa? Karena dengan rajin cuci tangan kamu bisa meminimalisir virus-virus yang ada ditubuh kamu. Selain itu kamu juga jadi lebih sehat.

Kedua, dengan pentingnya menjaga kebersihan ini juga akan membangun kebiasaan bagi kita agar hidup bersih. Dengan memiliki kebiasaan hidup bersih, kita secara tidak langsung telah membantu petugas kebersihan disekitar kamu jadi ketika kamu menjalan gaya hidup bersih kamu juga menjalankan gaya hidup sehat. yuk #timGAS jangan mulai menjaga kebersihan kamu dan sekitar kamu

Nah, itu tadi 3 hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga tubuh kamu dari virus COVID-19 meskipun kamu harus keluar dan naik transportasi umum. Tapi jangan lupa yang #timGAS usahakan kamu mengurangi kegiatan diluar kecuali mendesak. Jadi, kamu bisa membantu petugas medis yang sedang berjuang menyembuhkan pasien-pasien yang terpapar virus COVID-19 ini.

Cek juga: https://ayoksehat.com/social-distancing-itu-apa-sih-kupas-tuntas-yok/

Categories: LIFESTYLE

1 Comment

Social Distancing Itu Apa Sih? Kupas Tuntas Yok! - · March 20, 2020 at 4:03 pm

[…] Baca juga : 3 Cara Agar Menjaga Tubuh dari Virus COVID-19 Saat Naik Transportasi Umum […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *